Oleh: bimasakti10 | 11/03/2010

”Sekilas Tentang Google..”

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang Google Adsense, tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih dekat situs mempunyai program pendulang dolar tersebut, yaitu Google.

Google didirikan oleh dua mahasiswa ph.D. dari Stanford. Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Istilah Google sebenarnya plesetan dari kata ''googof'' yang dipakai Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner seorang ahli matematika Amerika, untuk menyebut angka 1 yang mempunyai 100 angka nol dibelakangnya. Sekarang, kata Google identik dengan situs penyedìa banyak informasi di internet.

Bagi Anda yang suka berseluncur di dunia maya, istilah Google (www.google.com atau www.google.co.id) pastilah bukan hal yang baru ditelinga Anda. Namun, bagi anda yang belum mengenalnya, Google adalah semacam sebuah mesin pencari (search engine) data atau informasi di internet..

Dalam menjalankan fungsinya sebagai search engine server, search engine memiliki tiga kompunen penting yang saling berkaitan. yaitu spider (program yang menjelajah web dari satu link ke link yang lain.. Mengindentifikasi, dan membaca halaman2 yang ada), Index (database yang berisi hasil penårian seperti judul, text, URL, atau salinan dari halaman web yang berhasil dikumpulkan oleh spider), dan search engìne machanism (software atau perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mencari atau menggunakan index yang ada).

Dengan demikian, jika Anda melakukan pencarian melalui search engine, maka sebenarnya Anda hanya melakukan pencarian terhadap database index dari search engine tersebut, bukan pencarian terhadap seluruh situs yang ada di internet. Karena itulah hasil pencarian yang Anda lakukan terhadap suatu search engine bisa berbeda hasilnya dengan search engine yang lain karena masing-masing search engine memiliki databasd yang berbeda dengan yang lain.

Oleh karena itu, jika Anda memasukan keyword atau kata yang ingin dicari dengan Google, maka Google akan memberikan hasil pencarian tersebut sesuai dgn data pada database Google..

——
Khaula Andika


Tinggalkan komentar

Kategori